DOKUMENT UPM

Dokumen SPMI dapat berbentuk buku atau dokumen lain yang terdiri dari : Buku/Dokumen Kebijakan SPMI; Buku/ Dokumen Standar SPMI; Buku/ Dokumen Manual SPMI; Buku Dokumen Formulir SPMI

Pengaturan Kebijakan SPMI
Pengaturan Pengelolaan SPMI Institusi

Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 tetang pendidikan tinggi telah memaklumatkan penerapan sistem penjaminan mutu diperguruan tinggi menjadi sebuah keharusan guna menjamin tercapainya pencapaian mutu dan kualitas pengelolaan. STMIK Methodist Binjai telah melakukan penganturan Pengelolaan SPMI dengan membentuk Unit Penjaminan Mutu.

Pengaturan Organisasi SPMI

Dengan pengaturan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi didalam UU Dikti, STMIK Methodist Binjai berkewajiban menjalankan SPM dikti tersebut dengan keselarasan pada sejarah, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran termasuk budaya organisasi yang berlaku dilingkungan kampus dengan tujuan mewujudkan pendidikan bermutu dengan kemampuan IPTEK dan Inovasi yang mendukung daya saing. Untuk itu STMIK Methodist Binjai melakukan pengaturan Organisasi Pengelolaan SPMI.

Pengaturan Pelaksanaan Standart SPMI

Tindakan konkrit penjabat struktural di STMIK Methodist Binjai yang melakukan penilaian terhadap isi dari standar dikti telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Objek pelaksanaan standar SPMI yaitu proses atau kegiatan pelaksanaan isi standar; prosedur mekanisme isi standar; dampak atau outcome.

Pengaturan Pengendalian Pelaksanaan Standar SPMI

Merupakan tindak lanjut hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi. Tindakan korektif atau perbaikan dapat dilakukan pada tahapan pelaksanaan pengendalian dengan melihat konsistensi dan inkonsistensi antara pelaksanaan dengan isi standar yang telah ditetapkan.

Pengaturan Peningkatan Standar SPMI

Merupakan aturan yang memuat akan keterlaksanaan kegiatan peningkatan mutu atas standar dikti. Pengaturan aktivitas continuous quality improvement dengan tujuan melampaui kebijakan atau standart dikti. Konsistensi melaksanakan SPMI dengan baik diatur sedemikian rupa untuk dapat meningkatkan standar yang sudah ada dikarenakan kemajuan dimasyarakat, perkembangan IPTek dan tuntutan kebutuhan para pemangku kepentingan.

Standart SPMI
Buku I Standart Pendidikan
Dalam melaksankan program pendidikan dengan baik maka STMIK Methodist Binjai melalui UPM Menyusun suatu pedoman dan acuan yang terukur dan terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005. Pedoman tersebut adalah standar pendidikan
Buku 2 Standar Penelitian

Sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi di Indonesia diatur pada Pasal 52 Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang selanjutnya dijabarkan dengan Peraturan Mendikbud No.49 Tahun 2014.

Buku 3 Standar Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat mengacu pada kebijakan dasar dimana arah kebijakan, strategi dan pendanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan Rencana Strategis Pengabdian Masyarakat STMIK Methodist Binjai. Perencanaan hingga pada pengendalian disesuaikan dengan Standar Pengabdian Masyarakat.

Standart Tambahan

Standar Kerjasama

STMIK Methodist Binjai dalam menghadapi persaingan global dan upaya – upaya menciptakan kualitas mutu yang baik terus meningkatkan pelaksanaan kerja sama akademik dan non-akademik dengan berbagai pihak baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bentuk kerjasama yang dibangun harus sesuai dengan standar pelaksanaan yang ditetapkan dalam dokumen ini, untuk menjaga ketatalaksanaan yang sesuai dengan kebutuhan institusi.

Standart Pengelolaan

Peguruan Tinggi STMIK Methodist Binjai di susun untuk memenuhi 5 pilar pengelolaan perguruan tinggi yaitu akuntabel, kredibel, transparan, tanggungjawab dan adil. Untuk memenuhi 5 pilar tersebut STMIK Methodist Binjai menyusun organisasi yang terdiri atas organ pengelola, organ pengawasan dan pertimbangan kebijakan akademik, organ pertimbangan akademik dan organ pengawasan non akademik.

Standart Kesejahteraan

Pegawai merupakan sumber daya manusia yang penting tugas dan perannya dalam menjalankan Visi, Misi, dan Tujuan Perguruan Tinggi, maka Perguruan Tinggi perlu menyusun Standar Kesejahteraan Pegawai agar Pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, berdayaguna, dan berhasil guna.

Standart Keuangan

Pengelolaan keuangan yang sesuai dengan standar akan memberikan hasil yang baik dalam mencapai tujuan Good University Governance. Pengelolaan keuangan yang baik berdampak positif pada pelaksanaan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Standart Sarana

Standar sarana dan prasarana merupakan kriteria minimal sarana dan prasarana yang harus tersedia pada Satuan Pendidikan dalam penyelenggaraan Pendidikan sehingga sangat penting untuk dilaksanakan proses standarisasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas Tridarma Perguruan tinggi.

Hubungi Kami
admin@stmikmethobi.ac.id
(061) 8874-2021
Jl. Gatot Subroto No.255, Bandar Senembah, Binjai Barat., Kota Binjai, Sumatera Utara 20716
Temukan Kami

Komentar